Translate

5.07.2013

Tips Untuk Rambut Berminyak (Greasy Hair Tips & Tricks)


Punya rambut berminyak tentunya gak enak banget, rambut berasa lepek and kotor, padahal sudah cuci rambut. Itulah susahnya kalau punya rambut berminyak, sudah keramas tiap hari kok rambutnya masih tetep lepek and gaenak diliat. 

Kenapa sih rambut kita bisa berminyak?
Secara alamiah kulit kepala setiap orang punya kelenjar minyak yang memproduksi Sebum. Sebum ini sendiri berfungsi untuk melindungi kelembapan kulit kepala. Namun produksi Sebum yang berlebihan dapat menyebabkan rambut terlihat berminyak (kelebihan sebum). Hal ini bisa disebabkan oleh perubahan hormonal, tekanan emosional, dan faktor genetik.



Ren mau ngasih tips nih buat kalian yang punya rambut berminyak (oily hair), karena gue termasuk orang yang punya problem ini, so let's check it out!

1. Keramas maks 2x sehari. Paling tidak keramas 1x sehari. Gunakan shampoo khusus untuk rambut berminyak atau carilah shampoo yang bebas dari kandungan minyak. Ren perhatiin di supermarket Indonesia jarang deh shampoo khusus buat rambut berminyak, so harus teliti milihnya jangan sampai salah. Salah satu shampoo yang Ren rekomendasiin adalah Head And Shoulder, brand asal Amerika ini sudah cukup lama ada di Indonesia. kebanyakan produknya mempunyai "Anti Dandruff Formula" yang dapat mengurangi jumlah minyak di kulit kepala.


2. Protect your hair! Lindungi rambut kamu dari paparan sinar matahari, debu, dan tangan kamu! Jangan terlalu suka memegang rambut, karna tangan merupakan bagian tubuh yang banyak mengandung kuman, kalau langsung bersentuhan dengan rambut, akan membuat rambut "kotor".

3. Kurangi frekuensi pemakaian serum dan conditioner yang memiliki kandungan minyak. Dan juga jangan terlalu sering menyisir rambut, karena akan mengakibatkan minyak turun ke batang rambut. 

4. Last sering-seringlah browsing resep masker khusus rambut berminyak. Salah satu resep yang Ren tau adalah dengan menggunakan perasan lemon dan plain yoghurt. Campur kedua bahan tersebut lalu oleskan di kulit kepala yang basah (habis keramas) diamkan sekitar 20 - 30 menit lalu bilas bersih. 

Selamat mencoba! :D
Regards
@Renchrst

No comments:

Post a Comment